Minggu, 04 Oktober 2015

Pola Pikir Orang Kreatif

Apa yang kamu pikirkan ketika membayangkan orang yang kreatif?
Apa mungkin mahasiswa jurusan DKV? atau seniman? atau musisi? atau orang yang berkecimpung di dunia fashion?
Ya, orang kreatif bisa saja berhubungan dengan hal-hal di atas. Tetapi orang kreatif tidak hanya dilihat dari sekedar jurusan maupun pekerjaan saja. Orang kreatif bisa dilihat dari cara berpikirnya juga. Bisa saja kamu sebenarnya adalah orang yang kreatif, tetapi kamu tidak pernah menyadarinya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pola pikir orang kreatif.

1. Spontan dan Berani

Biasanya orang yang kreatif adalah orang yang berani mencoba sesuatu yang baru. Bahkan kamu tidak memikirkan dampak kedepannya. Kamu penuh dengan spontanitas dan keberanian. Misalnya saja, ketika kamu tidak setuju dengen pendapat seorang dosen, kamu akan langsung mengacungkan tangan untuk mengutarakan pendapatmu. Atau contoh lain, ketika kamu sebenarnya sudah mengerjakan tugas tetapi lupa mengumpulkan. Padahal sudah  terlambat, namun kamu tetap mengumpulkan tugas itu. Orang yang kreatif terkadang memang tidak memikirkan resiko yang dihadapi. Kamu akan tetap nekat untuk mengumpulkan tugas tersebut. Di sisi lain, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman yang baru dan seru!

2. Bisa Menerima Perbedaan


Orang yang kreatif adalah orang yang bisa menerima perbedaan. Karena menurut kamu, setiap karya yang dihasilkan atau diciptakan oleh seseorang itu baik. Hanya sudut pandang orang yang melihatnya saja berbeda-beda. Itu disebabkan karena jiwa seni yang tinggi yang kamu miliki. Maka dari itu, kamu selalu menerima dan menganggap sebuah karya itu adalah proses menuju kebaikan.

3. Suka Mengamati


Kamu orang yang suka mengamati lingkungan di sekitarmu. Entah tumbuh-tumbuhan, binatang atau bahkan teman-teman maupun keluargamu. Baik dari tampilan luar, sampai gerak-gerik mereka. Ini disebabkan karena rasa ingin tahumu yang tinggi. Bahkan kamu mengingatnya dengan baik dalam memorimu jika itu adalah hal yang menarik buatmu.

4. Kamu Tidak Berharap Akan Keberuntungan, Kamu Menciptakannya



Kamu bukan tipikal orang yang duduk diam dan menunggu keberuntungan. Kamu akan mengejar itu, dan mengerjakan apa yang kamu bisa kerjakan. Biasanya kamu sering menganggap dirimu sering beruntung. Padahal sesungguhnya dibalik itu semua, kamu telah mengusahakan keberuntunganmu itu. Kamu adalah orang yang suka berusaha :)


5. Berani Mengambil Resiko



Poin ini berkaitan dengan poin pertama yang telah saya sebutkan. Kamu orangnya penuh resiko dan tantangan. Kamu berani mencoba sesuatu yang baru dan mau mengambil resiko akan hal itu. Kamu orangnya gampang bosan, maka dari itu sesuatu yang baru malah akan menyenangkanmu. Sekalipun resiko tersebut pada akhirnya memiliki efek yang buruk, kamu tidak menyesal akan hal itu.

6. Kagum dan Bergaul Dengan Orang Berbakat



Kamu selalu terinspirasi dengan orang-orang berbakat dan kamu suka bergaul dengan mereka. Ini bukan berarti kamu memanfaatkan mereka, tetapi kamu ingin belajar lebih banyak. Entah berbakat menulis, menari, menyanyi, melukis maupun bakat berpidato. Terlebih ketika bakat yang mereka miliki sama dengan yang kamu miliki, pasti kamu lebih senang bergaul dengan mereka.


7. Bersemangat dalam Mengejar Mimpi



Kamu orangnya selalu bersemangat dan tidak mudah putus asa. Kamu selalu punya mimpi-mimpi yang bahkan terkadang terdengar tidak realistis. Tetapi kamu tidak memperdulikan hal tersebut, karena kamu percaya bahwa kamu bisa meraih mimpimu. Semangatmu itu yang membuat orang lain salut akanmu.


Itu semua adalah pola pikir orang kreatif. Jika kamu bukan termasuk orang yang kreatif, jangan putus asa. Jika kamu mau belajar, kamu pasti bisa. Belajarlah untuk berpikir seperti orang kreatif. Selamat mencoba dan tetap semangat untuk meraih mimpimu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar